Detail Artikel : PENYULUHAN HUKUM KEPADA PELAJAR SMP DI KOTA PANGKALPINANG

PENYULUHAN HUKUM KEPADA PELAJAR SMP DI KOTA PANGKALPINANG

30 Oktober 2019
Attachment Image

Pangkalpinang, 18 Juni 2019

Selasa, 18 Juni 2019, Sekretariat Daerah Kota Pangkalpinang melalui Bagian Hukum kembali melaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum kepada pelajar SMP di Kota Pangkalpinang. Dalam sambtan Walikota Pangkalpiang yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan kesra, Drs. H. Suparyono,MM menyampaikan bahwa penyelanggaraan kegiatan penyuluhan hukum merupakan salah satu upaya dari pemerintahan kota pangkalpinang melalui bagian hukum sekretariat daerah kota pangkalpinang sebagai wujud kepedulian pemerintahan terhadap anggota masyarakat terutama generasi muda ( pelajar ) dalam bentuk pemberian pemahaman dan wawasan atas pemberlakuan suatu aturan hukum/peeraturan perundang-undangan agar dalam pelaksanaannya dapat dipatuhi dan dimengerti serta diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan beragama.

Adapun peserta penyuluhan terdiri atas pelajar SMP baik Smp Negri dan Swasta di Kota Pangkalpinanag dan masing-masing 1 orang guru pendamping.

penyuluhan ini dihadiri lebih dari seratus orang pelajar dan guru SMP dikota pangkalpinang yang tahun ini diselanggarakan di Sun Hotel Pangkalpinang.

Hadir sebagai Nara Sumber dalam penyuluhan ini  Windu Perdana Kusumah, SH, dari Polda kepulauan Bangka Belitung, Firdaus, L.C,M.Pd selaku Konsultan Pendidikan/Owner sekolah Alam Bangka Belitung serta Diah Rina Miftakhi, SPsi, Psi, Mpd yang berprofesi sebagai Psikolog anak Dosen di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Pangkalpinang yang masing - masing memberikan materi tentang Peran penegak hukum dalam upaya perlindungan hukum terhadap hak-hak anak yang mengalami tindak kekerasan, Pencegahan dan penaganan terhadap tindakan bully/ kekerasan seksual terhadap anak diskolah serta peran pendidik dalam mengantisipasi terjadinya tindakan kekerasan/bullying disekolah.

Penyuluhan ini bertujuan mewujudkan kesadaran hukum bagi masyarakat, melaui penyuluhan ini diharapkan setiap pelajar meyakini dan menghayati hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh, dan taat terhadap hukum serta menghormati masyarakat.